Wednesday, November 19, 2008

seni budaya minangkabau

Seni Budaya Minangkabau
Sumatera Barat

Kelompok etnis minangkabau adalah penduduk yang paling dominan di daerah/propinsi sumatera barat. Kampong orang minang berada di sebuah pegunungan di tengah propinsi sumatera barat, daerah tersebut adalah darek/luhak nan tigo. Sedangkan wilayah yang berada di sekitar pantai, wilayah pegunungan sebelah utara, selatan dan timur dari darek disebut sebagai daerah rantau. Merunut kebiasaan orang minang dahulu, laki-laki muda akan pergi meninggalkan darek dan pergi kedaerah rantau untuk mengadu nasib sebagai pedagang atau pemilik toko hingga berpuluh-puluh tahun sebelum akhirnya kembali ke kampung halamannya di darek.
Hingga kini wilayah perantauan orang minang merambah hampir di seluruh wilayah Indonesia bahkan sampai ke Malaysia. Walaupun demikian luasnya wilayah perantauan, orang minang masih mampu mempertahankan identitasnya terhadap kampong halamannya dan sanggup menelusuri asal-usul mereka di darek.
Bahasa minang adalah sebuah bahasa yang masih berkaitan dengan bahasa melayu dan bahasa Indonesia. Masyarakat minang mayoritas beragama Islam. Salah satu ciri khas struktur social masyarakat minang adalah garis keturunan dan mewarisi harta pusaka di hitung atas dasar garis wanita bukan garis laki-laki, struktur social ini memberikan suatu kedudukan kuat kepada kaum wanita dalam masyarakat minang.
Minangkabau mempunyai beraneka ragam seni pertunjukan. Acara-acara yang dilengkapi dengan pertunjukan adalah pesta keluarga seperti pernikahan dan khitanan, penobatan ketua adat, peresmian masjid, perayaan hari besar keagamaan, hari kemerdekan republic Indonesia dan lain-lainnya.
Pertunjukan utama biasanya dimulai pada malam hari hingga menjelang subuh.
Jenis seni pertunjukan yang bergenre keagamaan adalah Dikie, salawat dulang. Selain itu masih ada genre kesenian saluang, dendang paruah, talempong, rabab pariaman, rabab pasisia dan lain-lainnya.
Sedangkan seni pertunjukan teater rakyat minang disebut dengan randai
Pertunjukan teater ini disajikan diluar rumah/halaman dengan melibatkan sekitar 20 hingga 30 pemain. Kesenian randai adalah suatu bentuk kesenian yang menggabungkan unsure seni tari, seni musik, seni suara seni drama.

No comments:

Post a Comment